21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Bhakti Penganyar Pemkab Buleleng Upacara Tawur Agung Lebuh Gentuh, Meras Danu Lan Gunung Bakti Pakelem ring Segara Danu Lan Puncak Gunung Batur, Mapeselang Lan Mapadanan Pura Segara Ulun Danu Batur - Pura Jati

Admin kesrasetda | 18 Oktober 2023 | 195 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng dimana dihadiri oleh Sekda Buleleng Drs Gede Suyasa, M. Pd mewakili PJ Bupati Buleleng didampingi oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng Ni Nyoman Sukadani S.Sos bersama penglingsir Puri Kanginan Buleleng, Pimpinan OPD Kabupaten Buleleng, BUMD, PERUMDA Kabupaten Buleleng hadir Muspayang Bhakti Penganyar Upacara Tawur Agung Lebuh Gentuh, Meras Danu Lan Gunung Bakti Pakelem ring Segara Danu Lan Puncak Gunung Batur, Mapeselang Lan Mapadanan Pura Segara Ulun Danu Batur - Pura Jati. Rabu (18/10)

Upacara dipuput Oleh Jero Balian Batur bersama Jero Mangku Batur yang di awali dengan Pementasan Tari Wali seperti beragam Tari Rejang dan Baris Gede   di iringi oleh sekaa gong desa Batur. Upacara dilaksanakan dalam upaya menjaga keharmonisan menuju kehidupan yang makmur sejahtera dengan tetap menjaga serta menghormati alam baserta isinya dalam hal ini memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan manifestasi beliau Dewi Danu.

Upacara dilanjutkan dengan Ngaturang Bhakti Pakelem oleh Sekda buleleng berupa Ayam Hitam dan Bebek Hitam lengkap dengan Sarana Prasarana Upacaranya yang diikuti dan didampingi oleh Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Buleleng bersama beberapa Pimpinan OPD Kabupaten Buleleng dan Penglingsir Puri Kanginan Buleleng.

Upacara pakelem ini dilaksanakan setiap 5 Tahun Berjalan, tidak saja dilaksanakan di Danau Batur saja, akan tetapi dilaksanakan di Puncak Gunung Batur sebagai Lambang Lingga Yoni Purusa Pradana dalam artian sebagai Simbul Kesuburan. Upacara dipusatkan di Segara Pura Jati dalam artian sebagai Rumah Sejati sebagai Pertemuan Beliau sebagai manifestasi Lingga dan Yoni sehingga mampu memberikan keberkahan dan Kesuburan kepada alam beserta isinya. (GA)