21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Berkah Tuhan itu Unik

Admin kesrasetda | 05 September 2023 | 197 kali

Dalam kehidupan masyarakat sekarang yang dipenuhi dengan perkembangan serta perubahan yang terus menerus, mulai dari Perkembangan Ekonomi, perubahan Industri Budaya hingga Etika serta pengetahuan, hingga akhirnya membawa dampak yang berkesinambungan secara disadari ataupun tidak menuntut penyesuaian pada kalangan mayarakat dalam menjawab serta menjalani kehidupanya.

Mengingat hal diatas tidak halnya mampu membuat tingkat beribadah serta merta menjadi tantangan dalam beribadah dan berkeyakinan kepada tuhan, yang menghimpit serta merta membuat terlalu sibuknya dengan urusan duniawi yang mampu membuat orang terlena hingga terburuknya menjadi stres menjawab itu semua.

Dari semua itu manusia menjadi merasa insecure atas berkah dan rahmat tuhan atas ketidak mampuannya dalam mengikuti perkembangan tersebut, akan tetapi tanpa disadari kita sebagai manusia selalu mendapat berkah dari tuhan dengan cara yang unik. Bahkan tanpa kita sadari sudah berlangsung.

Nah cara unik tuhan itu apa saja ...?

Berkah / rejeki yang telah dijamin

Percaya setiap insan ataupun ciptaan tuhan senantiasa sudah dijamin kehidupannya, Manusia itu tugasnya hanya berusaha, berusaha, berusaha, dan terus berusaha. Mengenai bagaimana hasilnya sudah menjadi urusan tuhan

Sudah jelas bukan bahwa semua rezeki yang akan kita dapatkan itu sumbernya berasal dari Tuhan meskipun juga membutuhkan perantara.

Misalnya saat ini Anda sudah bekerja pada sebuah perusahaan ternama, mendapatkan gaji juga jabatan yang baik. hubungan antar sesama juga bagus, taat dengan semua perintahNYA

Berarti itu sudah menjadi rezeki terbaik untuk Anda yang yang berikan dengan perantara perusahaan tersebut. Jika sudah demikian, maka seharusnya Anda juga percaya bahwa rezeki sudah tuhan jamin.

Berkah / rejeki Karena Bekerja, bergerak dan  berusaha

Halnya tuhan yang tak pernah diam dan hadir di setiap umatnya, manusia dituntut untuk tetap bergerak dan berusaha, karena dengan begitu baru ada hasil. Meskipun rezeki sudah dijamin Tuhan, akan tetapi kita sebagai manusia itu tidak boleh hanya diam dan berpangku tangan saja. Hal tersebut tidak akan mendatangkan rezeki, meskipun menghirup udara segar dan kembali bisa bernapas itu merupakan sebuah rezeki yang sangat luar biasa.

 “Manusia itu hanya akan mendapatkan dengan apa yang sudah ia usahakan”. kita tahu bahwa tuhan menyuruh setiap umat manusia untuk berusaha dengan semampunya.

Pasalnya, jika usaha yang tidak dengan doa itu adalah sebuah kesombongan. Begitu pula dengan sebaliknya, jika doa yang tidak berimbang dengan usaha, mustahil.

Seseorang akan berhasil mendapatkan sebuah pekerjaan jika ia sudah mencari dan berusaha melamar lowongan pekerjaan di berbagai tempat. Ia sudah berusaha, sisanya tuhan yang menentukan hasilnya. Intinya, berusahalah dengan maksimal dan iringi juga dengan doa.

Berkah / rejeki Karena bersyukur

Barang siapa bersyukur, tuhan akan menambahkan nikmatnya.  syukur itu sepele. Tetapi jika kita mampu mengamalkan setiap menerima apapun, maka rezeki sudah dijamin tuhan.

Bagaimana, apakah kita masih enggan untuk selalu bersyukur dalam segala hal dan kondisi? Jawabannya berada dalam diri kita masing-masing.

 Berkah / rejeki Tak terduga

Terkadang kita juga merasa heran, kenapa mendapatkan rezeki yang banyak sekali, padahal tanpa ada usaha. Berarti jika Anda merasakan hal yang demikian, Anda percaya bahwa rezeki Tuhan jamin.

Tuhan  akan memberikan rezeki dari arah yang tidak ia sangka-sangka. Siapa saja yang Berserah kepada Tuhan, maka akan tuhan cukupkan baginya.

Berkah / rejeki Karena mengingatNYA

Karena dengan MengingatNYA juga akan memberikan kita rezeki. Hujan yang lebat itu juga merupakan sebuah rezeki yang harus tetap kita syukuri.

Berkah / rejeki Karena Menikah & Berkah / rejeki karena anak

Menikah juga akan menambahkan rezeki. Begitu juga dengan anak. Maka tak usah ragu dan risau, karena rezeki sudah Tuhan jamin. Jangan lupa bersyukur juga

Seperti halya yang kita tau bersama dalam bermasyarakat dan menjadi mahluk sosial tuhan selalu hadir dan menjawab umatnya dengan menghadirkan pasangan serta di karuniakan anak, hingga menjadi keberuntungan serta berkah dan rejeki yang tak terbayangkan.

Berkah / rejeki Sedekah

Ibarat menanam hal baik sebelum menuai buahnya, begitu pula membuka pintu rezeki dengan sedekah. Agar kebaikan semakin banyak yang datang, maka kita perlu menanam benih kebaikan, salah satunya dengan sedekah.

“pancing rezekimu dengan sedekah.“

Pun ada kaidah yang mengatakan, “siapa yang banyak memberi, ia akan banyak menerima.”

hubungan intrapersonal dan interpersonal manusia kepada manusia harus seimbang. Salah satu cara untuk mendapatkan berkah dari Tuhan bukan hanya melalui ibadah. Tetapi, bisa juga didapatkan dengan cara berbagi atau yang sering disebut dengan sedekah.

Denga bersedekah dan menolong sesama. Selain dapat meringankan beban sesama, sedekah juga mendatangkan pahala dan kebaikan.

Sedekah merupakan salah satu cara pembuka pintu rezeki yang terbuka luas tanpa harus berpeluh keringat. Dengan bersedekah, terbentuklah rumus memberi bukan berarti mengurangi. Namun rumus yang sesungguhnya adalah memberi sama dengan menambah rezeki. Karena sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta

Berkah / rejeki karena Maaf

Pernahkah kita mendengar “ jika kita membenci, maka semua berkah dan rejekimu akan dilimpahkan kepada orang yang kita benci”

Dalam artiannya, pemahaman dan logikanya mungkin ini semua terasa aneh dan mustahil, tapi kenyataan rencana tuhan ini sangat unik karena tuhan menguji kita dengan hadirnya setiap permasalahan. Setiap agama senantiasa juga mengajarnkan belajarlah memaafkan apa yang sudah terjadi maka dengan begitu semua akan menjadi bagian kebahagiaan batin agar tidak terbebani.

Dengan hilangnya rasa batin yang terbebani karena masalah dan memaafkan maka semua akan kembali menjadi mudah dalam setiap halnya.

Berkah / rejeki menerima keadaan

Percaya tuhan sudah mengatur semuanya hingga yang disebutkan dalam garis hidup.

“ apa yang terjadi dan kita alami sebenarya sudah menjadi garis kehidupan yang harus dilakoni” dengan begitu setiap insan hendaknya mampu berserah kepada tuhan sebagai sebuah ibadah dan menerima sebagai timbal balik dari proses  sebuah kehidupan terdahulu hingga mendatang.

Halnya masalah yang menghampiri silih berganti walaupun tanpa kita sadari bahkan secara sadar tidak pernah berbuat burukpun hingga menimpa kita.

Dengan berserah maka kita senantiasa untuk selalu bersyukur dengan semua yang terjadi, hingga setiap manusia mampu dan menjadi pribadi yang kuat dalam mejalani kehidupan.

Berkah / rejeki dari Masalah

Dalam proses pendewasaan untuk menjadi pribadi yang kuat, tidak menutup kemungkinan senantiasa menghadirkan masalah serta musibah kepada umatnya, akan tetapi dalam hikmahNYA beliau selalu punya rencana dibalik setiap hal yang terjadi hingga menghampiri.

“ ambil hikmah dari setiap hal yang menghampiri ‘”

Seperti yang sudah dijelaskan diatas setiap manusia dituntut untuk senantiasa Berdoa, Berusaha, Bersyukur, MengingatNYA, Bersedekah, Memaafkan, Menerima, Berserah kepada beliau maka kita akan senantiasa pula selalu dalam keadaan yang lebih tenang dan menjadi Pribadi yang lebih Baik lagi,

 

Semoga Bermanfaat dan menjadi renungan bersama

 

#binamentalspiritual

Penulis : Ida Bagus Korad Asta Permana

Editor : GA