21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Jadilah Baik

Admin kesrasetda | 12 Juni 2023 | 203 kali

Suatu kata-kata bijak yang sangat menginspirasi dan mohon direnungkan maknanya :

-     Saat kita berbuat baik, mungkin orang lain akan berprasangka bahwa ada maksud buruk dibalik perbuatan baik yang kita lakukan. Tetaplah berbuat baik. Kadang orang berpikir secara tidak masuk akal dan egois. Tetapi, terimalah mereka apa adanya.

-    Bila kita sukses, kita mungkin akan mempunyai musuh yang iri hati atau cemburu. Jangan pedulikan mereka. Teruskanlah kesuksesan itu.

-         Saat kita jujur dan terbuka, orang lain mungkin akan menipumu. Bersikap jujur akan mendatangkan berkat, begitu pula sebaliknya, bila menipu akan mendatangkan kutuk. Tetaplah bersikap jujur dan terbuka karena berkat Tuhan akan dicurahkan atas kita.

-          Apa yang telah kita bangun bertahun-tahun, dapat dihancurkan orang dalam satu malam saja. Janganlah berhenti dan tetaplah membangun.

-     Bila kita menemukan kedamaian dan kebahagiaan di dalam hati, orang lain mungkin akan iri hati pada kita. Tetaplah berbahagia, karena untuk  meraih kedamaian dan kebahagiaan habyalah ada di dalam hati.

-         Kebaikan yang kita lakukan hari ini, mungkin besok dilupakan orang. Tetapi, jangan pernah berhenti berbuat baik karena itulah yang Tuhan inginkan dari kita. Dalam melakukan kebaikan, tangan kanan yang memberi, tangan kiri tidak usah tahu.

-         Berikanlah yang terbaik dari apa yang kita miliki, dan itu mungkin tidak akan pernah cukup. Tetapi, jangan pernah berhenti untuk memberi yang terbaik.

-       Sadarilah bahwa semua kebaikan itu ada diantara kita dan Tuhan. Tidak akan pernah ada antara kita dan orang lain. Jangan pedulikan apa yang orang lain pikir atas perbuatan baik yang kita lakukan. Tetapi percayalah bahwa mata Tuhan tertuju pada orang-orang jujur dan Dia sanggup melihat ketulusan hati kita. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti berbuat baik.

Ketahuilah bahwa kebaikan, kejujuran dan kebenaran sering terdesak, sering tersingkirkan, sering terlupakan, termarginalkan,....tetapi tidak akan pernah terkalahkan, apalagi termusnahkan.    

 

Oleh Putu Mahesa Utari, S.Sn

#binamentalspiritual

Editor (GA)