21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Peringatan HANI ( Hari Anti Narkotika Internasional) Tahun 2023

Admin kesrasetda | 22 Juni 2023 | 389 kali

Seiring dengan perkembangan era globalisasi, selain dampak positif yang didapat banyak juga dampak negatif yang mengikutinya salah satunya meningkatnya peredaran dan perdagangan narkoba diseluruh dunia. Narkotika merupakan permasalahan serius yang dihadapi oleh negara-negara di dunia termasuk Indonesia. Penyalahgunaan narkoba meningkat dengan cepat baik dari kalangan dewasa bahkan merambah di kalangan remaja dan anak-anak. Berdasarkan data Direktorat Advokasi Deputi Bidang Pencegahan BNN sekitar 3,2 juta sampai dengan 3,6 juta penduduk Indonesia menjadi pelaku penyalahgunaan zat-zat terlarang tersebut. Tidak kurang dari 78% dari 15 ribu korban yang harus meregang nyawa setiap tahunnya akibat penyalahgunaan narkotika .

Hari Anti Narkotika Internasional di peringati oleh Negara-negara di dunia pada tanggal 26 juni setiap tahunnya untuk memperkuat aksi dan kerja sama dalam mencapai dunia yang bebas dari penyalahgunaan narkotika. Peringatan HANI dilakukan sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap korban penyalahgunaan narkotika sekaligus wujud perlawanan terhadap salah satu kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang menjadi tantangan negara-negara diseluruh dunia . Peringatan HANI menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan masalah utama yang ditimbulkan oleh narkotika, yaitu loss generation

Pada peringatan HANI Nasional tahun 2023 mengusung tema “Akselerasi War On Drug Menuju Indonesia Bersinar”Pemerintah mengajak seluruh masyarakat indonesia dan dunia untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dalam perang melawan narkotika, War On Drug, dengan memantapkan Komitmen, memperkuat Kerjasama dan dilaksanakan secara Berkelanjutan guna mewujudkan cita-cita bersama yaitu INDONESIA BERSINAR (Bersih Narkoba).

Sumber : BNN Republik Indonesia

Penyusun : Putu Laksana (dkk)

Editor (GA)

#kesejahteraansosial