21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Monev Peningkatan Kompetensi Masyarakat Desa Cempaga

Admin kesrasetda | 25 Oktober 2023 | 116 kali

Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng  laksanakan Monitoring dan Evaluasi  kegiatan Peningkatan Kompetensi Masyarakat di Bidang Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata. Bertempat di Aula Kantor Perbekel Desa Cempaga, Kec. Banjar . Rabu (25/10)

Kegiatan dihadiri oleh unsur dari Kantor Camat Banjar,  Kabag Kesra yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda substansi Kesejahteraan Masyarakat Gede Mangku Mertayasa, S.ST, Perbekel Desa Cempaga beserta jajarannya, Pengurus Bumdes, perwakilan dari UMKM, Karang Taruna dan anggota Sekaa Teruna Teruni / Yowana yang ada di Desa Cempaga.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut Pembinaan di Bidang Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata yang telah dilaksanakan di Desa Cempaga pada tanggal 25 - 26 Juli 2023, serta untuk mengetahui progres dan efektivitas terhadap kegiatan peningkatan kompetensi Masyarakat di Bidang Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk penyempurnaan kegiatan sejenis pada tahun berikutnya. Turut hadir beberapa Narasumber dari unsur Dinas Sosial, Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Disdagprinkop dan UMKM dan Badan Kesbangpol Kab. Buleleng.

Pada kesempatan ini Tim bersama aparat desa berkunjung ke beberapa tempat UMKM dan potensi desa yang dimiliki oleh Desa Cempaga seperti Pembuatan Gula Aren, Pengerajin Perak dan Kunjungan ke Rumah Adat Desa Cempaga. Dari hasil wawancara tim langsung dengan sang pengerajin, pada umumnya kendala yang dialami selama ini adalah masalah DANA. Tim dari Disdagprinkop dan UMKM telah menyarankan untnk pengerajin membuat NIB  ( Nomor Induk Berusaha ) agar dapat nantinya mengajukan KUR ( Kredit Usaha Rakyat ). (GA)