21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Puncak Bhakti Piodalan Pura Agung Jagatnatha Singaraja

Admin kesrasetda | 20 Juli 2024 | 21 kali

Hadir mewakili PJ Bupati Buleleng, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, MPd Bersama Ketua DPRD Kabupaten Buleleng I Gede Supriatna didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng Ni Nyoman Sukadani, S.Sos bersama pimpinan SKPD Kabupaten Buleleng, PHDI, Forkompinda, WHDI, BUMDES, Perumda Dan Kementerian Agama Kabupaten Buleleng hadir Ngupasaksi dan Ngaturang sembah Bhakti di Pura Agung Jagatnatha (PAJ) Singaraja, Rahina Purnama Kasa. Singaraja, Minggu, 20 Juli 2024
Dipuput oleh Ida Pedanda Gede Giri Purna Arsa dari Griya Gede, Desa Jagaraga. Pada kesempatan ini ikut Ngaturang Ngayah dari Sekeha Gong dan penari Rejang dari Yayasan Wahyu Semarang Santhi Tukadmungga, Sekeha Gong Gede Ambarawati, Sekeha Gita Santi Jagatnatha, Sekeha Gender Pura agung Jagatnatha, Rejang Dewa Bale Agung, dan Sekeha Gaaaong Gampol Anturan.
Prosesi upacara dengan Tingkatan upacara Mabebangkit Catur Niri , diawali dengan prosesi Mapedudusan, Mecaru Ngayab Sarana Upacara dilanjutkan dengan Nedunang dan Pembacaan Purana Pura Agung Jagatnatha Buleleng dilanjutkan dengan Persembahyangan bersama.
Disampaikan pula laporan Panitia Upacara PAJ, Dharma Wacana dari PHDI Kabupaten Buleleng, serta Sambutan Pidato PJ Bupati Buleleng yang disampaikan oleh Sekda Buleleng menyampaikan harapannya kepada Pengempon dan masyarakat untuk selalu ikut serta Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Pura, serta melalui upacara ini mampu menumbuhkan rasa erat persaudaraan dan Bhakti kehadapan Tuhan dimana Beliau yang berstana di Pura Agung Jagatnatha Singaraja. (GA)