21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Bhakti Piodalan di Pura Pejenengan Panji dan Bhuana Kertha Panji

Admin kesrasetda | 17 Januari 2024 | 179 kali

PJ Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana bersama Istri, Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna beserta istri dan Sekda Buleleng Gede Suyasa beserta ibu bersama Pimpinan OPD Kabupaten Buleleng, Kementerian Agama Kabupaten Buleleng, BUMD, PERUMDA dan undangan Muspayang Bhakti Piodalan di Pura Pejenengan Panji dan Pura Bhuana Kertha Panji, Kecamatan Sukasada. Rabu (17/01)

Upacara Bhakti Piodalan dilaksanakan serangkaian dengan Hari Ulang Tahun Monumen Perjuangan Bhuana Kertha yang dilaksanakan setiap Tanggal 17 Januari. Dipuput oleh Ida Dewa Mangku Ketut Darsana. Bersama Ngaturang Ngayah sekaha Gong   dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng. 

Pada Tanggal 17 Januari 1948 berkumpul di tempat ini Pimpinan Gerilyawan Pemuda Pejuang kemerdekaan disamping menanam dua pohon beringin juga mencetuskan ikrar " bila Republik Indonesia ini menang ditempat ini akan dibangun sebuah pura republik" yang sekarang disebut Pura Bhuana Kertha Panji. 

Melalui momentum upacara Bhakti Piodalan ini Senantiasa beliau sebagai manifestasi Tuhan yang berstana di Pura Pejenengan Panji dan Pura Bhuana Kertha Panji memberikan berkahnya untuk Buleleng Khususnya selalu dilimpahkan keberkahan sejahtera.(GA)