21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Mapepade, Pemda Buleleng ikuti prosesi Upacara Panca Wali Krama Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang

Admin kesrasetda | 14 Juli 2024 | 34 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng diwakili oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng hadir ikuti prosesi rangkaian Upacara Mapepade serangkaian Upacara Panca Wali Krama (PWK) di Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang, Jawa Timur. Minggu, 14 Juli 2024

Mewakili PJ Bupati Buleleng, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng Ni Nyoman Sukadani, S.Sos bersama Staf ikut Ngaturang Ngayah pada Upacara Mapepade serangkaian Upacara Upacara PWK di Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang. Dengan tingkatan upacara Tawur Labuh Gentuh. Dilaksanakan di Halaman Jaba Tengah Pura. 

Upacara dipuput Ida Pedanda Gede Jelantik Giri, Griya Buda Gunung Sari Peliatan Ubud, Gianyar. PWK kali ini merupakan yang ketiga kalinya yang sebelumnya pertama dilaksanakan pada tahun 1992, dinama untuk Puncak upacara dilaksanakan bertepatan pada Rahina Purnama Kasa  pada tanggal 20 Juli 2024. Untuk Kabupaten Buleleng   mendapat melaksanakan Bhakti Penganyar, Senin,  22 Juli 2024. 

Upacara Mapepade kali ini dalam rangkaian menyucikan  wewalungan / Hewan yang akan di gunakan sebagai Korban Tawur dalam kelengkapan Sarana Prasana Upacara. Upacara Mapepada ini merupakan ritual mensucikan hewan-hewan meliputi Sapi, Kambing, Anjing, Babi, Angsa, Itik, Kerbau, dan Ayam lima warna serta beberapa Hewan pelengkap lainnya yang akan dipersembahkan dalam Upacara Labuh Gentuh nanti. (GA)