21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Bhakti Penganyar Pemkab Buleleng di Pura Puncak Penulisan

Admin kesrasetda | 02 Oktober 2023 | 246 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng laksanakan Upacara Bhakti Penganyar di Pura Puncak Penulisan Kintamani Bangli, Senin (02/10)

Mewakili PJ Bupati Buleleng, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa, M. Pd didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng Ni Nyoman Sukadani, S.Sos bersama Pejabat Fungsional Analis Ahli Muda Substansi Bina Mental Spiritual Desak Ketut Armini SS MSi berserta Pimpinan OPD Kabupaten Buleleng, PHDI Kabupaten Buleleng PERUMDA Kabupaten Buleleng Muspayang Bhakti Penganyar Pemkab Buleleng di Pura Puncak Penulisan yang dipuput oleh Jero Kubayan dan Jero Paduluan Pura. 

Pura Puncak Penulisan adalah tempat pemujaan Dewa Siwa. Dahulunya pura ini digunakan untuk tempat melakukan tapa yoga oleh para raja. Lokasinya yang berada di puncak perbukitan sangat memungkinkan sebagai tempat menyendiri atau penuh keheningan. Disamping memiliki suasana alam yang sejuk dan menyegarkan.

Pura Puncak Penulisan Bali merupakan salah satu pura tertua di Bali bahkan sudah ada sejak jaman Megalitikum. Tempat ibadah pemeluk agam Hindu ini juga merupakan objek wisata favorit wisatawan yang selalu dikunjungi. Terutama bagi pecinta wisata sejarah yang menyimpan berbagai cerita masa lampau.

Pura Puncak Penulisan merupakan pura bagi warga Bali Asli (Bali Aga). Dalam pengertian bahwa pura ini dibangun sejak adanya masyarakat Hindu asli yang ada di Bali dan belum mendapat pengaruh dari Hindu dari luar Bali seperti pengaruh Hindu dari Kerajaan Majapahit. (GA)