21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Pemkab Buleleng Laksanakan Pelatihan Tukang Banten di Desa Sanggalangit

Admin kesrasetda | 27 Mei 2022 | 139 kali

Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Buleleng melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng dalam Program Kegiatan pada Substansi Bina Mental Spiritual Laksanakan Pelatihan Tukang Banten yang dirangkaikan dan menindaklanjuti  kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat  (BBGRM) ke XVIII yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Buleleng. bertempat di Kantor Perbekel Desa Sanggalangit Kecamatan Gerokgak, Jumat ( 25/5).

Sebagai Narasumber Jro Ketut Utara menyampaikan Pemaparan tentang Fungsi Dan Makna Banten serta cara pembuatan banten, Jro Utara juga menyampaikan Tujuan Pelatihan ini untuk mengetahui tentang kriteria, makna dan pemahaman banten terhadap penyelenggaraan upacara berdasarkan sastra.

Melalui pelatihan ini Peserta mengerti akan Pemahaman tentang fungsi dan makna banten dari jenis dan peruntukan sehingga tidak ada lagi keraguan akan adanya perbedaan yang ditemukan pada setiap desa berdasarkan Tempat Waktu dan Keadaan ( Desa Kala Patra ). Makna teori dan praktek yang diberikan oleh narasumber juga membantu dalam menggali antusias tukang banten untuk bertanya dan mendapatkan informasi sesuai keperluan guna mendapatkan kelengkapan dan arti sebuah yadnya. ( GA)