21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Giat Pembinaan UKS di Kecamatan Sawan

Admin kesrasetda | 18 April 2024 | 52 kali

Dalam Upaya Peningkatan Pola Hidup Bersih dan Sehat serta kualitas dan Kesehatan Lingkungan Sekolah Pemerintah Kabupaten Buleleng laksanakan Pembinaan UKS di TK Widya Dharma Desa Sawan dan SMP Negeri 4 Sawan. Kamis (18/04)

Kepala Bagian Kesra Setda Kab.Buleleng Ni Nyoman Sukadani, S.Sos selaku Sekretaris I Tim Pembina UKS Kab.Buleleng didampingi Pejabat Fungsional Analis Ahli Muda Substansi Kesejahteraan Sosial Ni Nyoman Neli, SE, M.AP  mengadakan pembinaan UKS ke TK Widya Dharma Desa Sawan dan ke SMPN 4 Sawan. Bersama  Tim yang terdiri dari Bagian Kesra, Disdikpora, Dinkes, Bappeda, DLH, Kemenag, PMI, BPOM dan Pemerhati UKS. 

Tim diterima oleh Kepala Desa Sawan, Kepala Sekolah, Guru, Pegawai sekolah serta Tim Pembina UKS Kecamatan Sawan. Pembinaan diawali dengan peninjauan areal sekolah meliputi ruang guru, ruang kelas, kantin sekolah, tempat sampah, toilet, pojok UKS serta lingkungan sekolah.

Tim menghimbau kepada warga sekolah untuk membentuk Tim Pelaksana UKS, edukasi kepada siswa untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, membuang sampah secara terpilah antara organik dan non organik, sampah tidak boleh dibakar, membiasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, kebersihan ruangan dan lingkungan ditingkatkan, agar disediakan bak sampah minimal 2 buah disetiap depan ruangan. TOS ditanam dilahan yang masih kosong agar terlihat asri. Dibuat jalur evakuasi dan titik kumpul. Sekolah belum memiliki ruang UKS.

Melalui Kegiatan ini Diharapkan pihak sekolah bisa menindaklanjuti arahan yg disampaikan oleh Tim Pembina UKS sehingga dapat terwujud sekolah yang sehat. Tentunya untuk menciptakan suasana yang nyaman dan sehat pada lingkungan sekolah nantinya. (GA) ????