21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Pembinaan UKS Sasar TK Negeri Desa Tambakan dan SD Negeri 1 Tambakan

Admin kesrasetda | 19 September 2023 | 100 kali

Pemerintah Kabupaten buleleng melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng bersama Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS ) Kabupaten Buleleng kembali laksanakan Pembinaan UKS dimana kali ini sasar TK Negeri Desa Tambakan dan SD Negeri 1 Tambakan. Selasa (19/09)

Kepala Bagian Kesra Setda Kab. Buleleng selaku Sekretaris I Tim Pembina UKS yang saat ini diwakili oleh Pejabat Fungsional Analis Ahli Muda Substansi Kesejahteraan Sosial Ni Nyoman Neli, SE, M.AP  bersama Tim dari Disdikpora, Dinkes, Kemenag, Bappeda, DLH, PMI, PKK, BPOM serta Pemerhati uks melaksanakan  pembinaan UKS di TK Negeri Desa Tambakan dan di SD Negeri 1 Tambakan Kec. Kubutambahan. Pembinaan diawali dengan peninjauan lingkungan sekolah di TK dilanjutkan ke lingkungan sekolah Dasar meliputi ruang kelas, ruang UKS, kantin sekolah, toilet halaman sekolah.

Adapun hasil pembinaan disampaiakan beberapa kekurangan kelengkapan Sarasa dan Prasarana dalam menunjang UKS  diantaranya didapati sekolah belum memiliki ruang UKS beserta sarana yang memadai, toilet siswa masih kurang, tempat cuci tangan depan ruangan belum dilengkapi sabun dan tissu, bak sampahagar  tertutup depan kelas, memberikan himbauan dengan membiasakan buang sampah secara terpilah, pemberian edukasi siswa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, serta untuk siswa diajak untuk menanam tanaman obat sebagai media pembelajaran agar tahu cara merawat dan manfaat dari tanaman obat tersebut. Jajanan dikantin yang disajikan agar tertutup bebas debu dan lalat.. Diharapkan Kebersihan toilet, ruangan dan lingkungan agar ditingkatkan pihak sekolah untuk bisa menindaklanjuti arahan yang disampaikan oleh Tim Pembina UKS Kab. Buleleng. (GA)