21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Rapat koordinasi UKS 2024 fokuskan sasar sekolah yang belum di berikan Pembinaan

Admin kesrasetda | 07 Februari 2024 | 214 kali

Rapat koordinasi UKS 2024 fokuskan sasar  sekolah yang belum di berikan Pembinaan

Kesra Setda Kabupaten Buleleng laksanakan Rapat rapat koordinasi Tim Pembina UKS Kabupaten dan Tim Pembina UKS Kecamatan untuk pelaksanaan Kegiatan UKS Tahun 2024, bertempat di Ruang Rapat Unit IV Setda Kabupaten Buleleng, Rabu (07/03)

Rapat dibuka oleh Kepala Bagian  Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng Ni Nyoman Sukadani, S.Sos  dengan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadirannya pada rapat koordinasi ini. Program kegiatan UKS dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, utamanya dalam hal pembinaan Trias UKS disekolah. Melalui Rapat diharapkan dengan pembinaan ini, warga sekolah dapat melaksanakan Trias UKS yang meliputi Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan sekolah sehat dengan tetap Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat. - Pembinaan agar tetap dilaksanakan walaupun saat ini tidak ada Lomba Sekolah Sehat ( LSS ) Tingkat Provinsi Bali maupun Tingkat Nasional,  Selanjutnya kepada Tim Pembina UKS untuk menyampaikan program kerja masing-masing dalam melaksanakan pembinaan serta mengevaluasi hasil dari pembinaan yang telah dilaksanakan tahun sebelumnya demi kemajuan UKS di Kabupaten BulelengTim Pembina UKS Kecamatan untuk menyampaikan Tiga ( 3 ) nama sekolah dari tingkat TK/RA, tingkat SD/MI dan tingkat SMP/MTS, diharapkan sekolah yang belum pernah mendapatkan Pembinaan uks pada tahun sebelumnya untuk selanjutnya akan diberikan pembinaan di tahun 2024.

Dalam Penyampaian program kerja UKS berperan serta Bagian Kesra dalam pengembangan UKS. Pemaparan dari Kabag Kesra yaitu Program kerja yang akan dilaksanakan tahun ini meliputi Pembinaan Sekolah, Pembinaan Sekretariat TP-UKS Kecamatan, Rapat Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan UKS/M di sekolah dan di Sekretariat TP-UKS Kecamatan, - Pembinaan akan dilaksanakan mulai bulan Maret sampai dengan bulan Oktober 2024 - Kecamatan yang sudah menyiapkan sekolahnya akan dibina pada bulan Maret 2024 - Monitoring dan Evaluasi akan dilaksanakan bulan Nopember - Pemberian Piagam Penghargaan kepada sekolah yang sudah melaksanakan Program Trias UKS pada bulan Desember 2024 - Pelatihan Pengelola UKS kepada Guru dari Tingkat TK/RA, tingkat SD/MI, tingkat SMP/MTS serta dari Tim uks Kecamatan dengan sasaran peserta sebanyak 50 (lima puluh) orang, - Diharapkan peran serta Tim Pembina UKS Kecamatan mengajukan nama sekolah yang akan diberikan pembinaan uks dari tingkat TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs dengan tetap berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga - Untuk monev ke sekolah nanti ditentukan oleh Tim Pembina Kabupaten - Pelaporan dari Tim Kecamatan ke Sekretariat Kabupaten tiap 6 (enam) bulan sekali awal bulan Juli dan awal bulan Januari bisa melalui E-surat atau lewat Hard copy.

Dihadiri Kementerian Agama Kabupaten Buleleng, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, BPOM Kabupaten Buleleng, Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng, PMI Kabupaten Buleleng,  Camat Se-Kabupaten Buleleng, Puskesmas Se-Kabupaten Buleleng, Korwil Disdikpora Kecamatan Se-Kabupaten Buleleng, Pemerintahan dan Pembangunan Manusia pada Bappeda Kab. Buleleng, Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Kab. Buleleng, Kabid Pembinaan SD Disdikpora Kab. Buleleng, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikpora Kab. Buleleng, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Buleleng, Administrator Kesehatan Ahli Muda Sub Koordinator Unit Substansi Kesehatan Keluarga dan Gizi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Administrator Kesehatan Ahli Muda Sub Koordinator Unit Substansi Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Kasi Pendidikan Agama Hindu Kementerian Agama Kab. Buleleng, Pengawas Lingkungan Hidup Ahli Muda Sub Koordinator Unit Substansi Pengelola Limbah B3 pada Dinas Lingkungan Hidup Kab. Buleleng, Kasi Kelembagaan dan Sarpras SMP Disdikpora Kab. Buleleng, Kasi Kelembagaan dan Sarpras SD Disdikpora Kab. Buleleng, Kasi Kelembagaan dan Sarpras PAUD dan PNF Disdikpora Kab. Buleleng, L.P Anggreni. S.Pd ( Pemerhati UKS Kab. Buleleng ) dan Ida Bagus Some Putra, S.Pd., M.Pd ( Pemerhati UKS Kab. Buleleng). (GA)