21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Pemkab Buleleng laksanakan Pembinaan UKS ke Kecamatan Tejakula

Admin kesrasetda | 21 September 2023 | 117 kali

Dalam upaya menciptakan Lingkungan Sekolah Bersih dan Sehat dalam memerikan kenyamanan dan peningkatan kualitas kesehatan Pemerintah kabupaten buleleng melalui bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng bersama Tim Pembina UKS Kabupaten Buleleng  Laksanakan Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah ke Kecamatan Tejakula di antaranya di SD Negeri 7 Bondalem dan SMP Negeri 6 Tejakula. Kamis (21/09)

Kepala Bagian Kesra Setda Kab.Buleleng selaku Sekretaris I Tim Pembina UKS Kabupaten yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Analis Ahli Muda Substansi Kesejahteraan Sosial Ni Nyoman Neli, SE,M.AP bersama dengan Tim terdiri dari Kemenag, Disdikpora, Dinkes, Bappeda, DLH, PKK, PMI, BPOM dan Pemerhati UKS melaksanakan pembinaan UKS di SD N 7 Bondalem yang diterima oleh Kepala Desa Bondalem, Kepala Sekolah, Guru, dan tim kecamatan serta  di SMPN 6 Tejakula diterima Kepala Sekolah, warga sekolah.

Pembinaan diawali dengan peninjauan masing – masing areal sekolah dilanjuntukan dengan memberikan arahan perihal Trias UKS dan PHBS, pembentukan karakter anak didik tentang hidup bersih dan sehat. Warga sekolah diharapkan untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada bak sampah secara terpilah, mencuci tangan dengan sabun air mengalir sebelum dan sesudah beraktifitas.

Kondisi sekolah di SDN 7 Bondalem sedang pembangunan Ruang UKS dan ruang kelas baru, untuk sarana tempat tidur UKS, alat ukur tinggi dan berat badan, rak obat, meja kursi sebagai sarana kelengkapan di ruang UKS sudah disiapkan. Sementara di SMPN 6 Tejakula saat ini baru memiliki 3 ruang kelas yang  digunakan belajar untuk  2 ship pagi dan siang. Ruang laboratorium dimanfaatkan menjadi ruang belajar. Toilet siswa 2 unit dan 1 ruang guru. Kantin sekolah masih bersifat sementara. Untuk ruang kelas baru, ruang UKS, aula, padmasana dan pagar pembatas sekolah masih diajukan dalam usulan bantuan DAK 2024. Diharapkan pihak sekolah untuk bisa menindaklanjuti arahan yang  disampaikan oleh Tim Pembina UKS Kabupaten Buleleng. (GA)