21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Monev Progres Penguatan Kompetensi Masyarakat di Desa Umanyar

Admin kesrasetda | 14 November 2023 | 139 kali

Pemerintah  Kabupaten Buleleng melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng laksanakan Monitoring dan Evaluasi Hasil Pembinaan Penguatan Kompetensi Masyarakat pada Bidang Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, bertempat di di Aula Perbekel Desa Umeanyar, Kec.Seririt. Selasa (14/11).


Kegiatan diawali dengan sambutan sekapursirih dari Perbekel Desa Umeanyar, Kecamatan Seririt. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Pembinaan di Bidang Kepemudaan dan Olahraga yang telah dilaksanakan  pada tanggal 29Agustus 2023 dan 1 September  2023,  serta untuk mengetahui Progres dan efektivitas terhadap Pembinaan yang dilaksanakan sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk penyempurnaan kegiatan sejenis pada tahun berikutnya. Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggotan Karang Taruna, anggota Sekaa Teruna Teruni (Yowana) dan anggota Pokdarwis, anggota Pokwasmas yang ada di Desa Umeanyar.


Turut hadir beberapa Narasumber dari unsur Badan Kesbangpol, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Disdagprinkop dan UKM Kab.Buleleng. Acara diskusi penyampaian keluhan / kendala yang diungkapkan berlangsung lancar. Usai kegiatan diskusi, selanjutnya Tim Monev langsungturun kelokasi Penangkaran Penyu dan Wisata Petik Anggur yang dimiliki oleh Desa Umeanyar.


Dari kegiatan Monitoring dan Evaluasi yang telah dilaksanakan, adapun Progres Kegiatan dianataranya Secara umum, organisasi kepemudaan di Desa Umanyar  ( Karang Taruna / Yowana ) telah terbentuk namun sejauh ini tidak ditemukan adanya masalah, dimana Anggota Karang Taruna yang ada di Desa Umeanyar sangat mengharapkan adanya program pelatihan keterampilan yang nantinya bias langsung diberikan oleh instansi terkait seperti BLK ( Balai Latihan Kerja ) yang berada dalam naungan Dinas Tenaga Kerja Kab. Buleleng. Pada kesempatan ini dari Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng mengharapkan tindak lantjut dari Dinas terkait.


Disamping itu Tim juga menyarankan agar nantinya Desa dapat menyiapkan anggaran untuk kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM ) dan Pemerintah dari Kabupaten Buleleng nantinya siap menjadi fasilitator dengan anggaran desa yang ada. Serta Sangat diharapkan kepada instansi terkait memfasilitasi aplikasi ilmu, keterampilan dan teknologi yang diperoleh oleh peserta magang kerja keluar negeri, khususnya bidang pertanian dan peternakan.


Terkait dengan Pokwasmas di Desa Umeanyar yang telah terbentuk masih mengalami beberapa kesulitan dalam Penangkaran Penyu yang mereka miliki diantaranya  kesulitan dalam promosi Penangkaran Penyu yang kini dikelola oleh Komunitas Penyu. Tim dari Dinas Pariwisata telah menyarankan agar memasukkan kedalam website Desa Umeanyar sehingga masyarakat baik dalam maupun luar negeri bias meengetahui tentang keberadaan Penangkaran Penyu tersebut. Disamping itu, Tim dari Dinas Pariwisata juga menyarankan agar komunitas Penangkaran Penyu tersebut agar mengadakan koordinasi ke Provinsi Bali mengingat Kelautan tersebut merupakan masih wewenang Provinsi Bali bukan Kabupaten.  serta mengadakan koordinasi langsung ke Gahawisri ( Gabungan Pengusaha Wisata Bahari ) Prov. Bali. (GA)