21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Pemkab Buleleng Tingkatkan Kemampuan Jurnalistik Meracik Berita Ala Info Publik

Admin kesrasetda | 11 Juli 2024 | 39 kali

Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Pengelolaan Jurnalistik, Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Direktorat Pengelolaan Media menyelenggarakan Bintek pelatihan “Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom”, bertempat di Gedung Laksmi Graha Singaraja. Kamis, 11 Juli 2024

Mengambil tema " meracik berita ala info publik " diikuti oleh seluruh Operator Website SKPD Lingkup Pemkab Buleleng serta Penyedia Informasi secara Online (zoom meeting ) dan Offline, dengan menghadirkan dan membuka Bintek oleh Direktur Pengelolaan Media Mursodik Gunarjo dan Narasumber Elvira Inda Sari Redaktur Pelaksana Indonesia.go.id. serta sebagai moderator Tri Antoro Redaktur Nusantara Info Publik.

Dalam sambutannya Mursodik Gunarjo menyampaikan antusias serta manfaat dan tujuan dari Pelaksanaan Bintek ini " sebagai Upaya Peningkatan kepada pengelola website lingkup Buleleng dimana sebagai Scaling, Up Scaling serta Re Scaling penulisan Berita sebagai informasi publik. "

Melalui Sambutan PJ Bupati Buleleng yang diwakili dan dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Buleleng Drs. Gede Sugiartha Widiada, M.Si berharap melalui kegiatan ini nantinya mampu menghindari informasi hoak serta mampu menyampaikan kecepatan dan kualitas informasi kepada publik. 

Matroji sebagai Ketua Media Online IKP menyempatkan menyampaikan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar pelatihan jurnalistik daring dan offline  "Jarkom", Jadi Pinter Bareng Kominfo Newsroom. Pelatihan jurnalistik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengelola media instansi itu ditargetkan untuk meningkatkan kualitas informasi mengenai kebijakan, penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan kepada masyarakat.

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo menyelenggarakan pelatihan jurnalistik  untuk meningkatkan kemampuan teknis ASN untuk mengembangkan dan mengelola informasi pada instansi masing-masing; serta Meningkatkan kemampuan dan keterampilan jurnalistik dalam hal pembuatan konten (berita, foto, video dan grafis) terkait program pemerintah. Kominfo Newsroom juga bertugas sebagai menyaring berita yang beredar dalam upaya menghindari informasi hoak yang beredar di lingkup Publik. 

Pelatihan ini merupakan bagian dari pelaksanaan fugsi Kementerian Kominfo sebagai Government Public Relation (GPR). Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo dalam Inpres No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, Menteri, Kepala Lembaga Non Kementerian, Gubernur, dan Bupati/Wali Kota diminta mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan dari masing-masing kementerian dan lembaga guna mendukung pelaksanakan komunikasi publik.

Elvira Inda Sari dalam pemaparannya menyampaikan  pentingnya informasi yang harus disampaikan dalam upaya transparansi sehingga mampu meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kinerja Pemerintah. 

Disampaikan pula dalam penyusunan berita mampu menyampaikan berita yang memiliki Nilai Berita dengan memperhatikan beberapa point penting dalam penyusunan berita.  

Sebagai tindak lanjut Bintek ini dilaksanakan Evaluasi Berita Nusantara serta dilaksanakan Penugasan Praktek Menulis Berita dengan Tema yang ditentukan dalam hal ini berita terkait kegiatan Bintek yang dilaksanakan pada kesempatan ini. (GA)