21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Peringatan Hari AIDS se Dunia Kabupaten Buleleng

Admin kesrasetda | 01 Desember 2023 | 194 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng laksanakan Peringatan Hari AIDS se Dunia ( HAS ) Kabupaten Buleleng Tahun 2023, hadir OPD Kabupaten Buleleng, Koramil, Polsek, KSPAN Kabupaten Buleleng, Kepala Sekolah yang diundang, Komunitas, Yayasan peduli AIDS, BUMD, Pembina KSPAN dan Pemerhati UKS Kabupaten Buleleng. Bertempat di Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) Bung Karno, Sukasada. Jumat (01/12).

Membacakan Sambutan Bupati Buleleng sekaligus Membuka Acara,  Sekda Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd menyampaikan HAS diperingati setiap Tanggal 1 Desember membawa Tema " Bergerak bersama Komunitas, akhiri AIDS 2030. Mengingatkan kita akan pentingnya Kerjasama dan Solidaritas dalam menanggulangi Pandemi HIV / AIDS. Melalui Kolaborasi yang kokoh dan terstruktur, kita dapat menghadapi tantangan ini dengan keyakinan dan tekad untuk mencapai tujuan bersama kita akhiri AIDS 2030. 

Berbicara tentang komunitas, kita tidak hanya mengacu pada kelompok tertentu, tetapi mencakup kita semua sebagai satu kesatuan global. Baik itu pemerintah, organisasi non-pemerintah, sektor swasta, tokoh masyarakat, serta individu-individu di seluruh dunia, kita memiliki peran penting dalam upaya pencegahan, perawatan, dan dukungan bagi mereka yang terkena dampak HIV/AIDS.

Melalui pemahaman yang mendalam, edukasi, dan promosi kesetaraan, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung bagi mereka yang hidup dengan HIV/AIDS. Kita juga perlu memastikan akses yang lebih luas terhadap pemeriksaan, pengobatan, dan perawatan yang memadai. Tidak hanya itu, stigma dan diskriminasi harus diatasi bersama, karena keduanya menjadi hambatan utama dalam pencegahan dan pengelolaan HIV/AIDS

Sebagai bagian dari upaya bersama, mari kita tingkatkan kampanye penyuluhan, sosialisasi, dan edukasi di masyarakat. Menyebarkan informasi yang akurat tentang pencegahan, pengobatan, dan dukungan psikososial adalah langkah awal yang krusial dalam membangun kesadaran dan mengurangi ketakutan serta ketidaktahuan

Dalam konteks "Akhiri AIDS 2030," mari kita bersama-sama mengejar target-target yang telah ditetapkan. Hal ini membutuhkan komitmen yang kuat, alokasi sumber daya yang tepat, dan peningkatan kapasitas infrastruktur kesehatan. Kita harus menjadikan upaya ini sebagai prioritas global yang tak terelakkan.

Melalui momentum ini mari kita bersama-sama berkomitmen untuk melibatkan diri secara aktif dalam upaya melawan HIV/AIDS. Tanpa pandang bulu, mari kita jalin koneksi yang lebih erat sebagai komunitas global yang peduli dan bertanggung jawab. Dengan kerja sama yang solid dan tekad yang bulat, kita mampu menjadi pionir perubahan menuju dunia bebas AIDS pada tahun 2030

Kegiatan dilaksanakan dengan pembacaan Pengumuman Pemenang dan Penyerahan Piala serta Piagam Lomba KSPAN Poster dan Video dan Penyerahan Piagam Kepada Sekolah Sehat yang telah melaksanakan TRIAS UKS sesuai Strata serta dimeriahkan oleh anak - anak Kelompok Siswa Peduli AIDS Kabupaten Buleleng dan diakhiri dengan Pementasan Bondres dari Sekedar Bondres Rare Kual. (GA)