21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Bhakti Penganyar Pemkab Buleleng di Pura Tuluk Biyu Batur

Admin kesrasetda | 04 Oktober 2023 | 194 kali

Pemerintah Kabupaten Buleleng laksanakan Upacara Bhakti Penganyar di Pura Tuluk Biyu Batur, Kintamani Bangli. Rabu (04/10)

Mewakili PJ Bupati Buleleng, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng Ni Nyoman Sukadani, S. Sos didampingi Pejabat Fungsional Analis Ahli Muda Substansi Bina Mental Spiritual Desak Ketut Armini SS MSi bersama Pimpinan OPD Kabupaten Buleleng, PHDI Kabupaten Buleleng, Perumda Kabupaten Buleleng, Kementerian Agama Kabupaten Buleleng dan BUMD Kabupaten Buleleng Muspayang Bhakti Penganyar Pemkab Buleleng di Pura Tuluk Biyu Batur. 

Bhakti Penganyar di Puput oleh Ida Pedanda Putra Gede Sanur dari Griya Klempung Desa Jeem Kecamatan Tembuku Bangli, Pucak Upacara yang Jatuh Setiap Purnama Kapat Upacara Bhakti Piodalan di Pura Tuluk Biyu Batur dilaksanakan dari tanggal 19 September sampai dengan 7 Oktober 2023 dengan kegiatan Bhakti Pepranian serta dilengkapi nantinya pada tanggal 14 Oktober mendatang dengan Upacara Bhakti Petangi. 

Upacara Bakti Penganyar di Pura Tuluk Biyu Parahyangan Agung Puncak Gunung Abang Batur di awali dengan pementasan tari wali seperti Baris Perang-perangan, Baris Bajra, Baris Perisai, Baris Dapdap dan tari rejang Bunga yang di iringi oleh sekaa gong desa Batur.

Pura Tuluk Biyu Parahyangan Agung Puncak Gunung Abang Batur berada di kawasan desa Wingkang Ranu (Pada waktu tempo dulu ) sekarang di sebut Desa Adat Batur merupakan Pura Kayangan Jagat. Pada Prasasti Air Hawang,933 Saka atau 1181 Masehi, Bhatarai ri Tuluk Biyu, (Prasasti Er Abang,1103 Saka atau 1011 Masehi) yang dikeluarkan pada era pemerintahan Sri Dharmodayana Warmadewa dan Raja Jaya Pangus mengungkapkan tetang keberadaan Pura Pura Tuluk Biyu Parahyangan Agung Puncak Gunung Abang Batur. (GA)