21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Hari ke II Pembinaan UKS sasar SD Negeri 1 Sari Mekar

Admin kesrasetda | 20 Maret 2024 | 69 kali

Dalam rangka Pengembangan dan Penguatan Program Trias UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah, dengan ini   Tim Pembina UKS Kabupaten Buleleng  mengadakan Pembinaan UKS di SD Negeri 1 Sari Mekar Kec. Buleleng. Rabu (20/03)

Kepala Bagian Kesra Setda Kab.Buleleng selaku Sekretaris I Tim Pembina UKS Kabupaten yang saat ini diwakili oleh Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Substansi Kessos Ni Nyoman Neli, SE, M.AP mengadakan Pembinaan UKS di SD Negeri 1 Sari Mekar Kec. Buleleng. Tim terdiri dari Bagian Kesra, Dinkes, Disdikpora, Bappeda, DLH, BPOM, PMI dan Pemerhati UKS. Tim diterima oleh Kepala Sekolah, Guru , Tim UKS Kecamatan Buleleng, perwakilan dari Kepala Desa Sarimekar, Ketua Komite dan pegawai.

Pembinaan diawali dengan peninjauan areal sekolah meliputi Ruang uks, ruang belajar, ruang guru, perpustakaan, toilet, Taman, serta lingkungan halaman sekolah. Adapun hasil pembinaan diantaranya Menekankan kepada warga sekolah untuk berperilaku hidup bersih dan sehat,  Edukasi siswa untuk membuang sampah secara terpilah antara sampah organik dan non organik pada bak sampah yang telah disediakan, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, selalu menjaga kebersihan lingkungan. Ruang guru agar dirapihkan serta dijaga kebersihannya. Kantin sekolah agar menggunakan rak kaca tertutup dalam menyajikan jajanan sehingga terbebas dari lalat dan debu, gunakan alat penjepit dalam mengambil jajanan, agar menggunakan air yang sudah dimasak dalam menjual minuman, sediakan kusi dan meja dikantin, Sediakan bak sampah minimal 2 buah disetiap depan ruangan, Saluran air agar dirawat sehingga tidak tergenang. Secara umum kondisi sekolah sudah bersih dan rindang.  Diharapkan kepada pihak sekolah untuk dapat menindaklanjuti arahan yang disampaikan oleh Tim Pembina UKS Kab. Buleleng. (GA)