21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Pemkab Buleleng Laksanakan Pembinaan UKS di SD Negeri 1 Kedis

Admin kesrasetda | 09 Oktober 2023 | 109 kali

Dalam Upaya menciptakan Lingkungan Sekolah Sehat dan Peningkatan Kualitas Kesehatan Lingkungan Sekolah Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng bersama TIM Pembina UKS Laksanakan Kegiatan Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) bertempat di SD Negeri 1 Kedis Kecamatan Busungbiu. Senin (09/10)

Mewakili Kepala Bagian Kesra Setda Kab. Buleleng selaku Sekretaris I Tim Pembina yang saat   Pejabat Fungsional Analis Ahli Muda Substansi Kesejahteraan Sosial Ni Nyoman Neli, SE, M.AP Laksanakan Pembinaan UKS di SD N 1 Kedis. Bersama Tim yang terdiri Disdikpora, Dinkes, Kemenag, Kesra, Bappeda, DLH, BPOM, PMI dan Pemerhati UKS diterima oleh Kepala Sekolah, Guru, Sekdes Desa Kedis, Komite Sekolah serta Tim Pembina UKS Kecamatan Busungbiu.

Pembinaan diawali dengan peninjauan areal sekolah meliputi ruang guru, ruang UKS , toilet, kantin sekolah, tempat sampah serta lingkungan sekolah. Dilanjutkan dengan pembinaan tentang Trias UKS meliputi Pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan serta pembinaan lingkungan sekolah sehat. Adapun yang  perlu dilakukan dalam menerapkan sekolah sehat meliputi kebersihan lingkungan sekolah dengan cara membuang sampah secara terpilah pada tempat sampah yang  sudah disediakan, membiasakan mencuci tangan dengan sabun air mengalir sebelum dan sesudah melaksanakan aktifitas, peremajaan pada tanaman perindang, menaman tanaman obat serta tanaman hias sebagai kebun sekolah, membentuk dokter kecil, kantin sekolah agar penyajian jajanan menggunakan rak kaca tertutup sehingga bebas lalat dan debu, pencahayaan masih kurang pada ruang kelas, ruang UKS masih gabung dengan ruang perpustakaan diharapkan tetap dijaga kebersihannya. Diharapkan pihak sekolah menindaklanjuti arahan dari Tim pembina untuk bisa menerapkan PHBS dan Trias UKS. (GA)