21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Monev Progres Penguatan Kompetensi Masyarakat di Desa Patas

Admin kesrasetda | 15 November 2023 | 143 kali

Pemerintah  Kabupaten Buleleng  melalui Bagian Kesejahteraan rakyat Setda Kabupaten buleleng laksanakan Monitoring dan Evaluasi Hasil Pembinaan Penguatan Kompetensi Masyarakat pada Bidang Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, bertempat di di Aula Perbekel Desa Patas , Kec.Gerokgak . Rabu (15/11).

Kegiatan dihadiri oleh unsur dari Pemerintah Desa Patas beserta jajarannya yang meliputi Plt. Perbekel Desa Patas beserta jajarannya, Kabag Kesra Kab.Buleleng Ni Nyoman Sukadani, S.Sos didampingi Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda substansi Kesejahteraan Masyarakat Gede Mangku Mertayasa, S.ST serta Tim Pembina Kabupaten Buleleng

Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan sebagai tindak lanjut Pembinaan di Bidang Kepemudaan dan Olahraga yang telah dilaksanakan di Desa Patas pada tanggal 24 dan 28Agustus 2023 serta untuk mengetahui dampak dan efektivitas terhadap kegiatan peningkatan kompetensi Masyarakat di Bidang Kepemudaan dan Olahraga sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk penyempurnaan kegiatan sejenis pada tahun berikutnya.

 Kegiatan tersebut dihadiri oleh anggotan Karang Taruna, anggota Sekaa Teruna Teruni (Yowana) dana nggota Pokdarwis, anggota organisasi olahraga, anggota UMKM yang ada di Desa Patas.  Turut hadir beberapa Narasumber dari unsure Badan Kesbangpol, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Disdagprinkop dan UKM Kab.Buleleng.

Dari kegiatan Monitoring dan Evaluasi yang telah dilaksanakan, adapun Progres Kegiatan dianataranya Secara umum, organisasi kepemudaan di Desa Patas ( Karang Taruna / Yowana ) telah terbentuk namun sejauh ini tidak ditemukan. Terkait dengan Pokdarwis dinyatakan bahwa Pokdarwis “ Tanjung Karang Patas “ memiliki beberapa masalah seperti  halnya  belum mengesahakan lembaga yang dimiliki dan Tim dari Dinas Pariwisata menyarankan agar melengkapi SKT ( Surat Keterangan Terdaftar ) ke Bidang Sumber Daya Pariwisata pada Dinas Pariwisata. Pokdarwis berniat mempromosikan pariwisata melalui perkemahan namun kurangnya akses jalan dan air bersih untuk MCK. Terkait promosi pariwisata yang ada di Desa Patas, disarankanjuga agar anggota Pokdarwis yang ada agar lebih aktif dalam mengoptimalisasikan link / jaringan pariwisata yang dimiliki sehingga potensi yang dimiliki oleh Desa Patas dapat dipromosikan melalui jaringan tersebut sehingga nantinya Desa Patas dapat menjadi Sustainable Tourism.

Disamping aktif mempromosikan melalui jaringan pariwisata, perlu juga dibuatkan Media promosi dan dibuatkan stand khusus untuk produksi khas Desa Patas.  diharapkan agar selalu meningkatkan kompetensi yang dimiliki dengan cara peningkatan kompetensi masyarakat yang disesuaikan dengan kebutuhan.Terkait Promosi Tanjung Karang Patas ditambah dengan atraksi budaya yang ada dengan cara menganggedakan kegiatan yang melibatkan berbagai pihak di Tanjung Karang Patas. Disamping itu