21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Pembinaan UKS di SMP Negeri 1 Busungbiu

Admin kesrasetda | 10 Oktober 2023 | 118 kali

Dalam Upaya menciptakan Lingkungan Sekolah Sehat dan Peningkatan Kualitas Kesehatan Lingkungan Sekolah Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Buleleng bersama TIM Pembina UKS  Laksanakan Kegiatan Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS  ) bertempat di SMP Negeri 1 Busungbiu. Selasa (10/10)

Mewakili Kepala Bagian Kesra Setda Kab. Buleleng selaku Sekretaris I Tim Pembina yang saat   Pejabat Fungsional Analis Ahli Muda Substansi Kesejahteraan Sosial Ni Nyoman Neli, SE, M.AP Laksanakan Pembinaan UKS  di SMP Negeri 1 Busungbiu. Bersama Tim yang terdiri Disdikpora, Dinkes, Kemenag, Kesra, Bappeda, DLH, BPOM, PMI dan Pemerhati UKS  diterima diruang perpustakaan oleh Kepsek, Guru serta tim pembina UKS  Kecamatan Busungbiu.

Pembinaan kali ini Tim Pembina mendapati beberapa hal yang masih perlu di Perhatikan diantaranya Sekolah belum memiliki ruang UKS  khusus yang dimana masih gabung dengan ruang osis, perlunya dibentuk KKR minimal 20% dari jumlah siswa. Edukasi siswa untuk membuang sampah pada bak sampah secara terpilah. Tempat cuci tangan yang ada agar dirawat sehingga berfungsi, untuk Kantin sekolah agar menyajikan jajanan yang bergizi serta terbebas dari bahaya 5 P. Penanaman TOS agar ditanam dengan mengajak siswa untuk membawa tanaman serta merawat bersama sebagai media pembelajaran sehingga siswa tahu nama jenis tanaman serta manfaat dari tanaman obat tersebut. Kebersihan toilet, ruang kelas serta lingkungan sekolah agar selalu dijaga untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Diharapkan sekolah dapat berbenah sesuai arahan yang telah disampaiakan oleh Tim pembina UKS  Kabupaten. (GA)