21985 / 21446
kesrasetda@bulelengkab.go.id
Bagian Kesejahteraan Rakyat

Pembinaan UKS di SMP Negeri 1 Kubutambahan

Admin kesrasetda | 20 September 2023 | 115 kali

Bagian Kesejahteraan Rakyat bersama Tim Pembina UKS  Kabupaten Buleleng laksanakan Pembinaan UKS  di SMP Negeri 1 Kubutamabahan. Rabu ( 20/09)

Kepala Bagian Kesra Setda Kab. Buleleng selaku Sekretaris I Tim Pembina UKS  diwakili oleh Pejabat Fungsional Analis Ahli Muda Substansi Kessos Ni Nyoman Neli, SE,  M.AP bersama dengan Tim dari Disdikpora, Dinkes, Bappeda, Kemenag, PMI, DLH, BPOM, PKK dan Pemerhati UKS  mengadakan pembinaan UKS  di SMPN 1 Kubutambahan. diterima oleh Kepala sekolah, Guru, pegawai serta Tim Pembina UKS  Kecamatan Kubutambahan.

Dari hasil peninjauan areal sekolah meliputi ruang UKS , kantin sekolah, toilet, ruang belajar, perpustakaan, tempat sampah, tanaman, Tempat sembahyang, serta lingkungan sekolah, secara umum kondisi sekolah sudah bersih dan rindang. Yang perlu mendapat perhatian adalah masalah pengelolaan sampah berbasis sumber, sampah dibuang secara terpilah dan jangan membakar sampah. Tempat cuci tangan agar dilengkapi sabun dan tissu. TOS ditanam dikelompokan sesuai jenisnya minimal ada 15 jenis tanaman obat, dimana saat menanam agar melibatkan siswa agar bisa merawat serta tahu nama dan manfaat dari tanaman obat tersebut.

Sekolah agar membentuk KKR minimal 20 % dari jumlah siswa, dimana nantinya KKR yang akan bergerak untuk memberikan edukasi kepada warga sekolah untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Untuk memberikan pelatihan kepada KKR pihak sekolah agar bersurat ke Puskesmas untuk dijadwalkan pemberian pelatihan kepada siswa KKR. Pada kantin sekolah agar dilengkapi dengan tempat cuci peralatan kantin sehingga tidak lagi menggunakan tempat cuci tangan siswa untuk mencuci perabotan. Membiasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas. Agar dipasang tanda jalur evakuasi dan tanda titik kumpul siswa untuk memudahkan dalam menyelamatkan diri jika terjadi bencana. Penting untuk pihak sekolah dapat menindaklanjuti masukan yang disampaikan oleh TIm Pembina UKS  Kabupaten Buleleng untuk mewujudkan sekolah sehat. (GA)